25 Sekolah Ikuti Lomba PMR Tingkat Jabar di Cimahi

Titimangsa, CIMAHI – Sebanyak 25 sekolah tingkat SMP dan SMA se-Jawa Barat tengah mengikuti perlombaan Kepalang Merahan di SMK Kesehatan Bhakti Kencana, Jalan Encep Kartawirya, Kota Cimahi, Minggu (21/5).

Sekitar 400 siswa dari 25 sekolah tersebut bersaing untuk memperebutkan Piala Gubernur Jawa Barat dan Ketua Yayasan Adiguna Kencana.

Ada lima kategori dalam perlombaan tersebut, antara lain perawatan keluarga, pertolongan pertama, tandu darurat, hand washing dance, dan penyuluhan tujuh materi.‎

Ketua Pelaksana Lomba, Yanti Novita mengatakan, acara yang bertajuk Volchano Creative 3 (Vocational High School Health Work, Creative, and Activity) bertujuan untuk menjalin silaturahim dan meningkatkan jiwa kompetitif antar siswa.

“Ini memang sudah rutin, yang ke tiga kali dilaksanakan. Jadi jangan sampai berhenti pelaksanaannya, tradisi juga sebetulnya,” ungkapnya ketika ditemui disela-sela pelaksanaan lomba.

Dalam lomba tersebut, lanjut Yanti, dari beberapa kategori perlombaan, kategori tandu darurat menjadi kategori lomba yang paling menyita perhatian dan paling sulit.

“Untuk yang paling banyak peminat itu tandu darurat. Jadi peserta membuat tandu dari bambu dan tambang, nanti dinilai dari kekuatan, kerapian, ketepatan, dan waktu,” jelasnya.

Disinggung mengenai pentingnya kepalang merahan bagi seseorang, Yanti mengaku jika dasar-dasar kepalang merahan sangat berguna dalam keseharian.

“Minimal dasar dari kepalang merahan dikuasai setiap orang, khususnya pertolongan pertama. Apalagi sekolah kita sekolah keperawatan,” tandasnya.

)* Ferry Bangkit Rizki

 

 border=

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply