500 Peserta JKN-KIS Meriahkan Gebyar Prolanis di Cimahi

Titimangsa, CIMAHI – Sebanyak 500 peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) meriahkan gebyar Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Gor KONI Sangkuriang, Jalan Sangkuriang, Cimahi, Sabtu (20/5).‎

Gebyar tersebut diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Cimahi yang meliputi wilayah Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Gebyar Prolanis BPJS Kesehatan di Kota Cimahi meliputi beberapa kegiatan, di antaranya senam Prolanis, edukasi kesehatan kepada masyarakat, pemeriksaan penunjang gratis bagi peserta Prolanis, lomba cerdas cermat antar Klub Prolanis dan Best Practice Sharing.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Yudha Indrajaya mengatakan, gebyar Prolanis ini digelar untuk meningkatkan program gerakan masyarakat sehat yang dicanangkan pemerintah.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan, BPJS Kesehatan mengajak peserta JKN-KIS yang tergabung dalam klub Prolanis untuk membudayakan pola hidup sehat melalui peningkatan aktifitas fisik,” ujarnya saat ditemui di Gor Koni Sangkuriang.

Dia menjelaskan, Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif terhadap peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis seperti diabetes mellitus dan hipertensi.

Dikatakan Yudha, gebyar Prolanis juga sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang digalakan Kementrian Kesehatan (Kemenkes). “Makannya kita kumpul, nah sekarang kita kumpul bersama dalam acara gebyar Prolanis,” tutur dia.

“Kami dengan Pemerintah Daerah mencoba, bagaimana gerakan ini menjadi sesuatu yang melembagai di masyarakat,” tambah Yudha.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi, Kegiatan yang dilaksanakan BPJS Kesehatan ini memang sejalan dengan program pemerintah melalui Germas.

“Program ini sudah nasional, salah satu program Kemenkes, untuk meningkatakn drajat kesehatan masyarakat,” katanya.

Dia berharap, dengan kegiatan seperti ini, pola hidup sehat terus dilakukan oleh masyarakat, khususnya bagi para Lanjut Usia (Lansia). “Diharapkannya banyak Lansia tetap sehat. Kegiatan ini salah satu kegiatan di hari tua agar tetap sehat,” imbuh Pratiwi.

)* Ferry Bangkit Rizki

 border=

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply