Lestarikan Budaya, Pemkot Cimahi Gelar ‘ Pasanggiri Mapag Panganten’

Titimangsa, CIMAHI – Sebanyak 19 Kabupaten/Kota di Jawa Barat turut meriahkan lomba ‘Pasanggiri Mapag Panganten’ yang digelar di Cimahi Convention Hall (CCH), Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Sabtu (06/05).

Acara perlombaan kesenian asli Jawa Barat tersebut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida, Pelaksana Tugas Wali Kota Cimahi, Sudiarto, serta sejumlah pejabat yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi.

Pasanggiri Mapag Panganten tahun 2017 ini pertama kalinya diadakan di Kota Cimahi. Sayang, tidak semua Kabupaten/Kota di Jawa Barat bisa ikut b erpartisipasi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi Kota Cimahi atas terselenggaranya lomba kesenian atau budaya tradisional daerah ini.

“Saya bangga Kota Cimahi menyelenggarakan Pasanggiri Mapag Panganten. Berarti Kota Cimahi sangat konsen terhadap pelestarian adat budaya di Jawa Barat,” ujarnya ditemui usai membuka acara.

Dia mengatakan, penyelenggaraan acara kebudayaan seperti ini akan menjadi fokus pihaknya untuk ke depan. “Semoga tahun depan akan datang acara seperti ini dan bisa konsen, sehingga menjadi rencana kalender di Jawa Barat,” katanya.

Menurut Ida, bidang pariwisata, termasuk budaya merupakan pendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) paling murah. Di Jawa Barat, terang dia, memiliki ratusan kebudayaan yang harus dilestarikan pemerintah maupun masyarakat. Ada sekitar 726 permainan tradisional dan 263 seni tradisional yang ada di Jawa Barat.

“Dari 263 seni tersebut mungkin setengahnya hidup enggan mati‎ pun tak mau. Tugas kita, pemerintah dan masyarakat untuk melestarikan,” imbuh Ida.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Sudiarto mengatakan, sebagai tuan rumah, Kota Cimahi diharapkan meraih prestasi di Pasanggiri Mapag Panganten perdana ini. “Sebagai tuan rumah, mudah-mudahan saja (juara),” katanya.

Dia berharap, pelaksanaan acara kebudayaan ini bisa memberikan manfaat, khususnya bagi pelestarian budaya di Jawa Barat. “Diharapkan Pasanggiri dapat membawa manfaat dalam meningkatkan kreativitas dan peningkatan mutu,” tuturnya.

)* Ferry Bangkit Rizki

 

 border=

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply