Membaik, Bayi Kembar Siam Devani dan Devina diperbolehkan Pulang

Titimangsa, BANDUNG – Kondisi bayi kembar siam asal Sumedang yang mengalami dempet di bagian pinggul bawah kini perlahan membaik dan hanya perlu menjalankan rawat jalan setelah pihak Rumah Sakit mengizinkan pulang.‎ Sebelumnya, Devani dan Devina nama kedua bayi kembar tersebut menjalani perawatan selama 117 hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hasan Sadikin.

Anggota Tim Dokter Pemisahan Bayi Kembar Siam, Julistio TB Djais mengatakan, saat ini kondisi bayi kembar tersebut sudah‎ terpasang cyrostomy (alat saluran kencing). Untuk merawat luka yang tersisa, tim dokter sudah memberi edukasi kepada orangtua bayi tentang cara perawatannya.

“Alhamdulillah hari ini Devani dan Devina bisa pulang ke rumah dan kita sudah memberikan edukasi kepada orangtua nya untuk merawat anak saat di rumah,” katanya ditemui di ruang Humas RSHS, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Rabu (19/04).

Ia melanjutkan, untuk langkah kedepannya kedua bayi kembar siam tersebut akan tetap menjalani rawat jalan. Setiap satu bulan sekali, kata dia, pihaknya akan memantau perkembangan kesehatan Devani dan Devina.

“”Ke depan akan kami perbaiki lebih lanjut, seperti kekurangannya, pemantauan terhadap nutrisi, kontrol pemeriksaan dari dokter urologi, bedah anak, ortopedi, bedah plastik akan dilakukan. Karena ke depan itu akan dilakukan pembuatan vaginoplasty dan anoplasty,” ujarnya.

Julistio menjelaskan, Devani dan Devina dirujuk pada tanggal 23 Oktober 2016 lalu. Setelah masuk RSHS, keduanya langsung di observasi dan mendapatkan perawatan untuk proses pemisahan.

“Paska operasi kondisinya sempat menurun. Alhamdulillah atas izin Allah SWT dapat mengatasi dan hingga saat ini kondisi stabil,” jelasnya.

Menurutnya, setelah menjalani perawatan paska operasi pemisahan pada 15 Desember 2016 lalu, Devani‎ dan Devina kembali menjalani perawatan di ruang perawatan anak hingga kondisi keduanya berangsur membaik.

“Kondisi secara umum baik, berat badannya Devani 10,3 kg sedangkan Devina berat badannya 8,8 kg,” pungkasnya‎.

)* Bagus Ismail

 

 border=

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply