Pemprov Jabar Siap Bantu Pelaku UMKM

Titimangsa, BANDUNG – Sebagai upaya mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)‎ dalam mengembangkan usahanya. Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bekerjasama dengan pihak swasta dan beberapa instansi terkait menggelar Festival Batik bertajuk “Jabar Batik Bordir dan Aksesoris”, di Graha Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (08/03).

Acara tersebut berlangsung selama lima hari dari tanggal 8-12 Maret 2017. Sebanyak 85 pelaku UMKM dari berbagai daerah di Indonesia ikut ambil bagian dalam menyemarakkan acara tersebut dengan memamerkan berbagai macam pakaian bermotif batik dan juga aksesoris.

Kepala Dinas Koperasi‎ Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskumkm) Jabar, Dudi Sudrajat mengatakan, acara yang diadakan setahun sekali tersebut sangat perlu dilaksanakan. Pasalnya, acara tersebut menjadi sarana atau wadah bagi karya pelaku UMKM di Jabar.

“Ini agenda rutin yang diadakan setahun sekali, acara ini menjadi salah satu sarana untuk mendongkrak tingkat penjualan dari hasil karya UMKM. Saat ini di ikuti oleh 85 pelaku UMKM tidak hanya wilayah Jabar saja, tapi ada juga dari Makasar, Padang dan lainnya,” katanya kepada titimangsa, Rabu (08/03).

Ia mengungkapkan, Gubernur Jabar ingin menciptakan 1000 pengusaha baru di Jabar per-tahunnya. Pengusaha tersebut bisa dari berbagai macam, seperti fashion, kuliner, dan salon kecantikan yang nantinya akan mendapat bantuan dari Pemprov Jabar.‎

“Nanti para pengusaha baru ini akan dibantu dari segi pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang bekerjasama dengan pihak perbankan yaitu Kredit Cinta Rakyat (KCR). Jadi nanti pengusaha baru ini akan didorong untuk terus berkarya,” terangnya.

Se‎bagai bukti keseriusan pemerintah dalam membantu para pelaku UMKM, kata Dudi, Pemprov Jabar akan segera meluncurkan program bernama market list. Program tersebut, nantinya bisa dimanfaatkan pelaku UMKM‎ untuk menjajakan hasil karyanya.

“Nanti kita akan membuat satu program yaitu market list sebagai sarana para pengusaha baru untuk menjual produknya. Semoga market list ini bisa dimanfaatkan betul oleh para UMKM ini, karena sekarang zamannya sudah digital.” terangnya.

)* Ipan Sopian

 

 border=

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply