Kuota Haji Jabar Naik 1227 Jemaah

Titimangsa, CIREBON – Kuota  jemaah haji asal Jawa Barat akhirnya kembali pada kuota sebelumnya setelah pada tahun lalu pemerintah kerajaan Arab Saudi melakukan pengurangan kuota akibat adanya renovasi di Masjidil Haram.

Ahmad Buchori (Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jabar)

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat Ahmad Buchori mengatakan, sebelumnya jamaah haji Indonesia mengalami pengurangan sebesar 20 persen. Namun, seiring telah selesainya perbaikan di masjidil haram akhirnya kuota kembali pada semula bahkan raja Salman sebagai kepala negara kerajaan Arab Saudi memberikan tambahan  kuota untuk tahun ini.

 “Itu kan pengurangan akibat perbaikan Masjidil Harom, jadi dikurangi 20 persen,” jelas Buchori ketika ditemui usai rapat kerja kantor wilayah kementerian agama di kabupaten Cirebon, Kamis (02/03).

Dirinya menyebutkan, saat ini total kuota haji yang diterima oleh provinsi Jawa Barat setelah mengalami penambahan sebesar 1227 jemaah sehingga totalnya untuk Jabar menjadi 38626 jemaah.

Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa barat)

Menurutnya, raja Arab memberikan hadiah penambahan kuota haji sebanyak 10.000 jemaah untuk seluruh Indonesia, sehingga atas penambahan tersebut, Jawa Barat mendapat tambahan jumlah 1227. “Penambahan ini diharapkan akan mempercepat perjalanan haji jemaah asal Jabar, walaupun tidak signifikan,” kata Buchori

Dirinya menambahkan, distribusi sebanyak 80 persen kuota haji akan didistribusikan kepada seluruh Kabupaten/Kota secara proporsional, namun akan diberikan tambahan 20 persen kuota untuk kabupaten/kota yang mendapat jatah haji lebih sedikit. “Seperti Cimahi, Banjar, dan daerah lainnya yang akan ditambahkan, karena mereka dapat kuota lebih sedikit,” ucapnya.

Sementara itu Gubernur Jawa barat Ahmad Heryawan mengatakan, meskipun ada penambahan kuota, namun tetap saja untuk jamaah haji yang akan berangkat harus ada daftar tunggu bahkan peserta jemaah haji tiap tahunnya berjumlah 13 kali lipat.

Dengan adanya penambahan ini sebetulnya mampu mempercepat pemberangkatan jemaah haji asal Jabar. Pasalnya skema pemberangkatan kembali seperti pada 2012 terlebih antusias masyarakat Jabar dalam menunaikan ibadah suci sangat tinggi. “Ini kan baik dan sangat mulai, hal ini berarti menunjukan bahwa kesadaran jemaah untuk menunaikan kewajiban rukun iman sudah menjadi tren positif di masyarakat Jabar,” pungkas Heryawan.

)* Agys

 

 border=

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply