Ini Loh Tips Bagi Yang Susah Tidur

Titimangsa, BANDUNG – Istirahat menjadi hal yang wajib untuk manusia terutama tidur. Dengan tidur kita bisa mengistirahatkan berbagai organ vital dalam tubuh kita sebagai antibodi.

Dokter Umum Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Wahyu Suryawidjaja mengatakan, tidur yang cukup merupakan langkah baik untuk menjaga kesehatan.

“Untuk anak-anak di bawah umur 1 tahun waktu yang cukup itu di atas 10 jam dan untuk orang dewasa 6 sampai 7 jam itu waktu yang cukup untuk istirahat,” terangnya kepada titimangsa, Minggu (26/02).

Meski sebagian orang mungkin merasa cukup hanya tidur 2 sampai 3 jam saja. Namun, lanjut dia, dengan tidur yang kurang akan menimbulkan penyakit seperti sakit kepala dan beberapa penyakit yang menyerang antibodi.

“Biasanya kalau tidurnya kurang itu bisa sakit kepala untuk gejala awalnya, setelah itu biasanya akan mengalami darah rendah dan antibodi pun akan mudah terserang virus baik virus flu atau pun yang lainnya,” kata nya.

Sebagai solusi, Wahyu menghimbau agar orang yang mempunyai kebiasaan dengan intensitas tidur kurang yaitu dengan cara merubah pola tidurnya. Namun, kata dia, cara tersebut memang sulit bagi orang yang belum terbiasa dan harus bertahap.

“Misal biasanya tidur jam 2 pagi karena main game atau menonton, maka usahakan jam 10 malam kita sudah di kamar matikan lampu, dan matikan komputernya, maka secara lambat laun pasti akan berubah dan itu harus dilakukan setiap hari,” terangnya.

Ia melanjtkan, selain harus merubah pola tidur, kita pun harus bisa membiasakan diri minum segelas air hangat sebelum tidur dan segelas air dinging sewaktu bangun tidur.

“Untuk membantu melancarkan pencernaan kita harus membiasakan minum segelas air putih sebelum dan pas bangun tidur agar racun yang ada di tubuh kita bisa ternetralisir oleh air putih yang kita minum,” tutupnya.

)* Ipan Sopian

 

 border=

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply