Wisata Belanja Angkasa di Kota Bandung

Titimangsa, BANDUNG – Kota Bandung saat ini memiliki tempat belanja yang asik. Skywalk Cihampelas atau Teras Cihampelas namanya. Walikota Bandung Ridwan Kamil secara langsung meresmikan jembatan pedestrian yang berada di sepanjang Jalan Cihampelas tersebut pada Sabtu, (04/02).‎

Menurutnya, Teras Cihampelas adalah wahana belanja yang memiliki konsep outdoor (luar ruangan) yang pertama di Indonesia, bahkan dunia.‎ Jembatan pedestrian tersebut, sambung dia, di beberapa negara seperti Amerika dan Korea memang sudah ada, namun yang menjadi pembeda adalah konsepnya.

“Saya kemarin kedatangan tamu dari Korea dan melihat ke Teras Cihampelas ini, dan dia bilang konsepnya menarik dimana kita bisa belanja sekaligus bisa menikmati pohon-pohon yang rimbun. Kalau di Korea juga ada, tapi tidak semenarik yang ada di Bandung,” katanya usai peresmian Teras Cihampelas di Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Sabtu (04/02).

Pria yang karib disapa Emil ini melanjutkan, pihaknya membuat Teras Cihampelas tersebut adalah agar masyarakat bisa jalan dan belanja tanpa harus berpapasan dengan kendaraan yang berlalu lalang. Ia mengklaim, dibangunnya Teras Cihampelas untuk mengembalikan uang rakyat melalui berbagai inovasi yang bisa dinikmati semua orang.‎

“Saya ingin Kota Bandung ini setiap tahunnya ada inovasi yang baru, karena saya ingin membuat warga Bandung menjadi warga yang paling bahagia di Indonesia,” ungkapnya.

Untuk fasilitas sendiri, Teras Cihampelas ini dilengkapi lift yang unik karena menggunakan bahasa Sunda. Selain itu, Teras Cihampelas juga dilengkapi fasilitas seperti toilet dan mushola.‎ “Saya harap di sini kan ada mushola, jadi pas ngong Adzan warungnya tutup dulu, sholat heula ngarah dagangnya berkah (sholat dulu agar jualannya berkah), orang bandung mah kudu (harus) selamat dunia akherat,” ucapnya, menghimbau para pedagang.

Karena konsep dari Teras‎ Cihampelas tersebut outdoor, pihaknya nanti akan menyediakan fasilitas untuk berteduh seperti payung dan lainnya. Meski demikian, Emil menghimbau para pengunjung yang datang agar membawa payung ketika musim hujan seperti sekarang ini.‎ “Ini kan konsepnya outdoor, jadi kalau musim hujan datangnya bawa payung aja, saya sengaja bikin konsep outdoor ini jadi bisa menikmati angin, pohon, burung, sampai penampakan juga kayanya ada kalau malam hari,” candanya di sela-sela konferensi pers.‎

Menurut Emil, Kota Bandung adalah kota dengan jumlah wisatawan terbesar di Indonesia. Jumlah pengunjung yang datang mencapai 6 juta orang ke kota ini, dan tiap‎ orang yang datang rata-rata mengeluarkan Rp. 1 juta. “Uang yang bergulir dalam objek wisata ini bisa mencapai 6 miliar pertahunnya di kota Bandung ini. Dengan seperti ini, saya berpesan kepada pedagang yang ada untuk menjaga baik-baik Teras Cikapundung ini, kalau ngaku dan cinta sama kota Bandung,” ucapnya.

Salah seorang pedagang di Teras Cihampelas, Islan (20) mengatakan, dirinya sangat berterimakasih kepada Walikota Bandung. Pasalnya, dengan dibangunnya Teras Cihampelas tersebut, statusnya naik dari awalnya pedagang ilegal menjadi pedagang yang legal. “Ya saya berterimakasih ke kang Emil yang udah bangun tempat ini, saya jadi nyaman jualannya dan merasa diperhatikan sama pemerintah,” ucapnya.

*) Ipan Sopian

 

 border=

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply